Download Aplikasi Ceritamu Hemat Pulsa Off
ceritamu

Jalan Tol Seroja

Jalan Tol Seroja

Criters - Pemerintah optimis mampu rampungkan pembangunan Jalan Tol Soreang - Pasir Koja (Seroja) pada tahun 2014 mendatang. Hal tersebut akan bisa segera terlaksana jika mendapat dukungan dari Pemerintah Daerah dan Masyarakat. Dan proses tersebut kini masih dalam proses pembebasan lahan tahap tiga.

Seperti yang diceritakan oleh perwakilan dari pemerintah Pusat dari Subdit Pengadaan Tanah Kementerian Pekerjaan Umum, Asep Tahyar menceritakan, hingga saat ini proses pembangunan Jalan Tol Seroja sudah berada pada tahap tiga, yaitu pembebasan lahan yang mencapai 48 persen dari 292 bidang tanah yang akan dibebaskan di Desa Parungserab, Kecamatan Kutawaringin.

"Yang baru dibebaskan di ujung yaitu di Desa Parungserab. Memang kendalanya kan pembebasan lahan," ujar Asep, Ahad (13/1) kemarin

Kendala pembangunan yang dirasakan dalam pembebasan lahan adalah belum turunnya Surat Persetujuan Penetapan Lokasi Pembangunan (SP2LP) dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Penanganan pembebasan lahan yang dilakukan oleh Kemeterian PU baru dilakukan di Desa Parungserab, Kecamatan Kutawaringin.

"Kan yang baru kami tangani di Desa Parungserab. Sedangkan dari Parungserab sampai Pasir Koja belum kami tangani," kata dia.

Asep mengatakan, SP2LP harus ditetapkan setelah dikonsultasikan dengan Kanwil Kantor Pertanahan untuk meminta pertimbangan teknis. Sebelumnya Gubernur Jawa Barat telah menerbitkan SP2LP dan masa berlakunya sudah habis pada bulan Juli 2012 lalu.

Namun, Asep Tahyar yakin dapat menyelesaikan pembangunan Jalan Tol Seroja pada tahun 2014. Pembebasan lahan dapat diselesaikan hingga akhir tahun 2013. Sedangkan pembangunan fisik bisa dimulai pada tahun 2014.

"Pembebasan tanah diharapkan tuntas pada 2013 sehingga pada 2014 pembangunan fisik bisa dimulai. Kalau pembangunan fisik kan tidak lama. Saat ini kami fokus dulu untuk pembebasan lahan," tuturnya.

Ia mengatakan, optimisme pembangunan dapat berjalan dengan baik jika didukung oleh Pemerintah Daerah dan masyarakat. Keinginan pembangunan Jalan Tol Seroja muncul dari daerah. Sedangkan untuk pendanaan ditangani oleh Pemerintah Pusat.

Tol Seroja direncanakan akan dibangun sepanjang 10,6 Kilometer. Jalan Tol tersebut akan melewati empat kecamatan yaitu Kecamatan Marga Asih, Kecamatan Soreang, Kecamatan Kota Waringin, dan Kecamatan Ketapang. Jalan Tol Seroja ini akan menghubungkan Kota Bandung dan Kabupaten Bandung. Bahkan pembangunannya akan terintegrasi dengan Tol Cisandawu.

Sedangkan Bupati Bandung, Dadang M Naser mengatakan, Pemerintah Kabupaten Bandung sepenuhnya akan mendukung pembangunan Jalan Tol Seroja. Meski sempat terkendala pembebasan lahan, namun pembangunan Tol Seroja optimis akan bisa terlaksana secepatnya.

"Upaya saat ini pembebasan lahan akan terus dilakukan. Masyarakat diharapkan bisa mendukung pembangunan Tol seroja," ujarnya.

Pembangunan Tol Seroja, tentunya akan memberikan dampak positif bagi kemajuan Kabupaten Bandung, seperti perkembangan ekonomi. Pasalnya dengan dibangunnya Jalan Tol Seroja dapat meningkatkan arus pergerakan modal, barang, dan orang.(AMG)

Foto : antaranews

Cerita Terkait

  1. clen

    semoga bisa jauh lebih mantap

Tulis Komentar
    • Pilih pake Carex Hand Gel atau tetap…

      nuniek       137 kali

      Ada ponakan aku yang main ke rumah, dia bawa Carex Hand Gel dan dipakai sebelum ngemil kue yang aku sediain. Waktu aku tanya itu apaan? Ponakan aku jawab kalo Carex Hand Gel itu pengganti air buat cuci tangan. Lho aku jadi inget sama produk serupa yang dulu pernah ada, tapi… selengkapnya