Download Aplikasi Ceritamu Hemat Pulsa Off
ceritamu

SERBA - SERBI : Kemendagri Akan Segera Ajukan Revisi UU No. 23 Tahun 2006

Kemendagri Akan Segera Ajukan Revisi UU No. 23 Tahun 2006

Criters - Kementrian Dalam Negeri RI akan mengajukan revisi UU No. 23 Tahun 2006 tentang administrasi kependudukan kepada DPR. Salah satu pasal yang akan direvisi diantaranya, tentang masa berlaku e-KTP.

“Kita akan memperjuangkan masa berlaku e-KTP menjadi seumur hidup dan berlaku diseluruh Indonesia, selama ini KTP itu hanya berlaku lima tahun,” ucap Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri H. Irman, saat mengadakan pertemuan dengan Bupati Bandung Dadang M. Naser di rumah dinasnya-Soreang, beberapa waktu lalu.

Irman tidak mentargetkan kapan masa berlaku e-KTP seumur hidup itu diberlakukan. “Kami masih menunggu hasil revisi setelah dibahas di DPR,” ucapnya pula.

Dalam pertemuan tersebut diungkapkan pula, mulai 1 Januari 2014 seluruh KTP lama tidak berlaku lagi. Dengan demikian kata Irman, seluruh wajib KTP di Indonesia harus memiliki e-KTP.

“Selama tahun 2013, kita berikan toleransi bagi pemegang KTP lama, mengingat perekaman e-KTP masih ada sisa hingga bulan Juli mendatang, kata Irman.

Untuk itu, ia menghimbau kepada seluruh warga negara Indonesia khususnya wajib KTP untuk segera melakukan perekaman e-KTP di daerahnya masing-masing. “Khusus untuk Kabupaten Bandung yang masih belum melaksanakan perekaman e-KTP sekitar 700.000-an dari target 2.280.456 wajib KTP,” tambahnya pula.

Sebagai langkah antisipasi kerusakan alat rekam e-KTP, Kemendagri kata Irman telah memerintahkan konsorsium untuk segera melakukan perbaikan. Khusus untuk Kabupaten Bandung, kata Irman alat rekam e-KTP seluruhnya dalam kondisi baik.

Pemkab Bandung kata Naser, sejak program e-KTP digulirkan awal tahun 2012 lalu, telah melakukan berbagai langkah persiapan yang melibatkan seluruh dinas terkait. “Mulai sari tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten semuanya sudah siap untuk mensukseskan program e-KTP ini,” kata Naser.

Untuk menyelesaikan sisa wajib e-KTP, kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil H.Salimin, mengatakan telah diterjunkan sebanyak 80 orang operator di 31 kecamatan.

“Khusus bagi kecamatan yang memiliki sisa wajib e-KTP cukup banyak mungkin akan ditambah jumlah operatornya atau mengambil operator dari kecamatan yang memiliki sisa wajib e-KTP-nya cukup sedikit,” tambah H. Salimin. Perekaman e-KTP menurutnya masih diberlakukan secara gratis.(AMG)

  1. clen

    ini macam2x ajak nih kapan kelarnya masalah ktp di indonesia nih la bnyk maslh

Tulis Komentar
    • T-Shirt impor Gildan atau Hanes sudah lama…

      aldino       192 kali

      Banyak orang yang masih berpikir bahwa produk impor itu lebih baik daripada produk lokal, padahal tidak selamanya juga seperti itu. Ada teman saya yang sangat amat menyukai kaos impor sejenis Gildan dan Hanes dan menganggap kedua kaos itu lebih baik daripada kaos lokal, sikapnya yang seperti itu sama saja tidak… selengkapnya