Download Aplikasi Ceritamu Hemat Pulsa Off
ceritamu

SERBA - SERBI : Pasukan Kesultanan Sulu Bikin Syok Malaysia yang baru bisa Perang

Pasukan Kesultanan Sulu Bikin Syok Malaysia yang baru bisa Perang

Saat ini dunia internasional sedang digegerkan dengan aksi pasukan Kesultanan Sulu yang berani menerobos wilayah Malaysia di Lahad Batu, Sabah. Konflik Sabah yang sebenarnya adalah kasus biasa dan seharusnya bisa diselesaikan secara damai, kini menjadi ajang pertempuran berdarah.

Pada tahun 1450-an Kesultanan Sulu sempat menguasai Laut Sulu di Filipina Selatan. Pada masa kejayaannya, Kesultanan Sulu sanggup meluaskan wilayahnya hingga ke Sabah Timur. Apalagi Kesultanan Brunei juga memberikan hadiah wilayah Sabah Timur kepada Kesultanan Sulu setelah membantu Sultan Brunei dalam menumpas pemberontakan di Brunei.

Pada tahun 1878, wilayah Sabah disewa oleh perusahaan Inggris, British North Borneo Company. Perjanjian sewa ini terjadi saat Sabah dibawah kolonialisme Inggris. Perusahaan itu membayar sewa atau pajak sebesar US$1.600 per tahunnya. Tidak dijelaskan berapa lama perjanjian sewa itu, namun yang pasti selama Sabah dalam kekuasaan perusahaan itu dan selama Kolonialisme Inggris masih ada.

Hingga akhirnya pada tahun 1963, Inggris memerdekakan Malaysia. Sabah tiba-tiba dimasukkan Inggris kedalam wilayah Malaysia. Sedangkan perjanjian sewa sebelumnya diwariskan kepada Pemerintah Malaysia.

Masalah baru muncul setelah Inggris secara sepihak melakukan interpretasi terhadap isi kontrak sewa tersebut. Mereka menganggap, uang sewa atau pajak yang selama ini dibayarkan pada Kesultanan Sulu adalah uang untuk membeli kepemilikan Sabah. Sementara pihak Kesultanan Sulu tidak beranggapan demikian. Sewa tetaplah sewa, sedangkan Sabah tetap milik mereka.

Akhirnya Sultan Sulu, Kiram, paham benar jika sejak tahun 1963, keluarga kesultanan Sulu menyewakan tanah seluas 75 km2 kepada Malaysia. Kiram merasa dibohongi Malaysia, Kiram ingin merebut kembali wilayah Sabah di Malaysia. dan pengikutnya yang telah memasuki Sabah berusaha merebut kembali wilayah yang pernah disewakannya. Para pejuang Sulu masuk ke Sabah adalah karena pihak Malaysia secara sepihak telah menghentikan pembayaran sewa atas wilayah Sabah yang selama ini dibayarkan kepada pihak kesultanan Sulu.

Akhirnya Kesultanan Sulu berubah pikiran, Kiram menawarkan gencatan senjata kepada Malaysia namun ditolak mentah -mentah oleh pemerintah Malaysia. Bahkan, Malaysia bersumpah untuk menghancurkan seluruh anggota Kesultanan Sulu yang menduduki Sabah. Akibatnya saat ini kondisi Sabah semakin memanas.

Sekarang pertikaian berdarah itu telah menjadi perhatian dunia. Sultan Sulu pun bisa tertawa lebar, tindakan konyol pemerintahan Najib itu telah membuatnya terperangkap kedalam jebakan betmen kesultanan Sulu. Sekarang pertikaian berdarah itu telah menjadi perhatian dunia. Sabah bisa keluar dari wilayah kepemilikan Malaysia jika dalam sidang mahkamah Internasional memutus demikian.

Malaysia akan banyak mendapat tekanan dari negara ASEAN bila tetap ngotot melawan Kesultanan Sulu dengan cara aksi militer. Negara bekas jajahan Inggris yang diberi kemerdekaan oleh Inggris ini juga dikenal bangsa Indonesia sebagai 'pencuri', karena meng-klaim dan merebut sipadan dan Ligitan dari Indonesia. Jiwa kacung bangsa Malaysia tidak juga berubah, lebih silau melihat tuannya di Eropa...

Malaysia yang baru bisa perang ini akhirnya syok sendiri menghadapi pasukan Kesultanan Sulu di Sabah.

Diolah dari berbagai sumber.

Cerita Lainnya:

Indonesia akan Membantu Sultan Sulu Merebut Sabah dari Malaysia?

Tentara Malaysia Vs Pasukan Sultan Sulu dengan Ajian Panglimuman (menghilang)

Konflik Sabah, Militer Malaysia Berhadapan dengan pakarnya perang gerilya

Perang Malaysia dan pasukan Sultan Sulu di Sabah Ancam Kalimantan

Perang Dengan Malaysia, Sultan Sulu Bagaikan 'King Leonidas'

  1. wongkentir

    nama lengkapnya NAJIB TRALALA kah?? wes siap kopi gawe nonton barca milan ta?

  2. tumenggung

    sebagai WNI yang baik, saya tinggal melihat aja sambil tepuk tangan ngliat kebodohan najib tralala itu

Tulis Komentar
    • Video sindiran anak SD buat tayangan TV

      bobbie       519 kali

      Ada teman di fb yang share sebuah video, katanya video itu lagi populer dan nonjok banget pemerintah. Hehe memang pemerintah nonton juga video itu ya? Ya mungkin saja kalau menghebohkan biasanya pasti mendapat perhatian. Betul begitu kan? Videonya berisi adegan anak-anak SD yang sepertinya akan upacara itu ternyata mereka menyanyikan… selengkapnya