Download Aplikasi Ceritamu Hemat Pulsa Off

Soekarno

Soekarno
Cerita Terkini

Mengintip Mobil Kepresidenan Republik Indonesia

Mobil kepresidenan RI yang satu ini terbilang sangat mewah, mobil dengan plat nomor polisi RI-1 ini dirancang khusus anti peluru, tampaknya terlihat mewah namun mobil ini berlapis baja dan mampu memberikan perlindungan terhadap granat tangan dan bahan peledak lainnya.

Dalam sejarah nya mobil pertama yang digunakan oleh presiden RI pertama, Ir. Soekarno adalah mobil tipe BUICK-8. Mobil ini merupakan hasil dari rampasan dari pihak Jepang. Mobil klasik ini di produksi oleh pabrikan Buick dan hanya di produksi sebanyak 1451 unit pada tahun 1939.

Buick-8 memiliki kapasitas sebesar 5348cc, cukup besar untuk kelas mobil jaman dahulu. Dengan mesin 4-tak yang mempunyai 8 silinder dan 2 katup di setiap silindernya ini merupakan mobil yang bisa di bilang canggih pada era 1940-an. Masa pemerintahan Soekarno, mobil kepresidenan ini menyandang plat nomor polisi Rep-1. Mobil Buick-8 ini secara visual memang terlihat sangat berwibawa. Guna menunjang kemewahan dan menjaga rahasia negara yang mungkin terucap di dalam kabin, mobil ini dilengkapi selembar kaca yang memisahkan penumpangnya dengan pengemudi. Konon, Buick Eight tersebut adalah mobil 'terbagus' yang ada di Jakarta pada saat itu. Hingga kini, kendaraan kepresidenan pertama itu tersimpan rapi di Gedong Joang 45. 

Nah, itu sekilas mobil kepresidenan pertama yang dimiliki oleh Indonesia. Bagaimana dengan sekarang. Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono menggunakan pabriakan Jerman Mercedes-Benz tipe S-600 sebagai "tunggangan" resmi kepresidenan. Mobil kepresidenan RI yang satu ini terbilang sangat mewah, mobil dengan plat nomor polisi RI-1 ini dirancang khusus anti peluru, tampaknya terlihat mewah namun mobil ini berlapis baja dan mampu memberikan perlindungan terhadap granat tangan dan bahan peledak lainnya. Tentu mobil ini mempermudah tugas Paspampres untuk melindungi Presiden.

Disamping kelengkapan yang dimiliki sebagaimana disebutkan diawal Mobil Mercy S600L model W221 keluaran tahun 2008 ini dilengkapi pula dengan fitur keamanan tambahan seperti Ban Run-Flat Michelin PAx 245-700 R740AC, tangki bahan bakar 90-L dengan sistem pemadaman kebakaran yang bekerja otomatis, sistem pengaturan udara segar dan sistem kontrol peneumatic darurat untuk membuka jendela yang beroperasi secara tersendiri dengan system electronic dan panic alarm system.

Sedan mewah RI-1 ini dapat dikatakan sudah sangat sempurna untuk tunggangan seorang Pemimpin Negara karena disamping mewah dari segi kenyamanan, Mobil pabrikan Jerman ini sangat dikenal di Indonesia soal kenyamanan sudah diakui dan banyak digunakan. Soal kecepatan Mobil Mercy ini mampu melesat sampai dengan 210 Km/Jam. 

Cerita Lainnya
Info Siapa

Presiden Soekarno meninggaldi Ruangan intensive care RSPAD Gatot Subroto yang berjarak lima kilometer dari rumah tahanannya Wisma Yaso. Lelaki yang pernah amat jantan dan berwibawa, dan sebab itu banyak digila-gilai perempuan seantero jagad, kala itu tak ubahnya bagai sesosok mayat hidup. Tiada lagi wajah gantengnya. Wajah yang dihiasi gigi gingsulnya telah membengkak, tanda bahwa racun telah menyebar ke mana-mana. Bukan hanya bengkak, tapi bolong-bolong bagaikan permukaan bulan. Mulutnya yang dahulu mampu menyihir jutaan massa dengan pidato-pidatonya yang sangat memukau, kini hanya terkatup rapat dan kering. Sebentar-sebentar bibirnya gemetar. Menahan sakit. Kedua tangannya yang dahulu sanggup meninju langit dan mencakar udara, kini tergolek lemas di sisi tubuhnya yang kian kurus.

Sehari sebelum meninggal setelah sadar dari koma, ia berbincang dengan sahabatnya Bung Hatta. Dengan parau dan lemah ia berkata “Hatta.., kau di sini..?”

Yang disapa tida Baca Selengkapnya ..

(sunting)